Selamat datang di Blog Visi dan Motivasi. Sebuah blog berbagi cerita dan motivasi dalam menapaki hidup ini.

Senin, 13 Juni 2011

Learn To Know, Learn To Do, Learn Doing Together

Hidup adalah Proses Belajar,

Manusia lahir sebagai seorang anak bayi, Belajar Menyusu, belajar mengenali Suara sekelilingnya, belajar Bicara, jalan dst.

Banyak tantangan dalam setiap pembelajaran.Banyak sesuatu yang sepertinya tak mungkin dilakukan.

Sebagai Contoh, jika seorang anak bayi belajar berjalan, dan jatuh. Ibunya akan tetap menyemangatinya untuk berdiri dan mulai berjalan lagi. Meski tahu bahwa sang anak merintih kesakitan karena jatuh.

Perlahan si anak mulai bisa berjalan, sang ibu begitu semangat dan senangnya.
Si anak juga begitu gembiranya dapat hadiah ciuman  dan kata2 sayang dari ibunya. Si anak terus penasaran untuk bisa lebih. Berjalan tertatih, setelah itu dia pingin bisa berlari.

Didalam Proses belajar itu ada beberapa fase yang harus dijalani :
1. Learn To Know = Belajar untuk tahu
    Learn to Know adalah proses belajar secara Teori, Learn to Know ini biasanya dilakukan di sekolah, atau lembaga2 pendidikan yang lain. Learn To Know akan membuat daya pikir dari si anak terasah  dan menyimpan banyak memori tentang teori2 yang di sampaikan oleh Gurunya.
   Learn To Know lebih pada pengembangan IQ seseorang.

2. Learn To Do = Belajar untuk mengerjakan
     Learn To Do, adalah bagaimana seseorang belajar melakukan apa2 yang telah ia dapatkan dari Learn To Know. Learn To Do akan meningkatkanb skill seseorang. Learn To Know yang tinggi tanpa Learn To Do yang baik tidak akan berarti apa2. Learn To Do adalah kunci seseorang mampu melakukan apa yang telah ia pahami dengan Learn To Know.
Antara Learn To Know dengan To Do kadang akan bertentangan hasilnya. Sementara hidup itu pada Akhirnya adalah TO DO

3. Learn Doing Together = Belajar mengerjakan Bersama.
    Manusia adalah makhluk sosial. Dari Fase2 belajar diatas, maka semuanya akan dilakukan bersama sama dengan orang2 disekelilingnya.Tentunya Learn To Know didalam Keluarga; adab , akhlak dan tentunya agama adalah sangat penting disini sebagai Penyaring setiap kondisi lingkungan. Mana yang baik dan mana yang buruk.
Didalam Learn doing Together ,si anak di tuntut untuk belajar berinteraksi, belajar menerima pendapat orang lain, tidak Egois dan tumbuh menjadi manusia yang peka dan mampu beradaptasi dengan lingkungan.


Learn To Know, Learn To do, dan Learn Doing Together adalah fase2 yang harus di hadapi oleh setiap manusia agar menjadi manusia yang handal, baik secara Intelegensia ( IQ ), Skill dan juga Mempunyai Kecerdasan Emosional ( EQ )  yang baik, dan perlu satu lagi, pendidikan tentang agama ( ESQ ) sangat diperlukan disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Says